Tips Memilih Warna Cat Untuk Rumah Tinggal

Tips memilih warna Cat Rumah Tinggal

Tips memilih warna Cat Rumah Tinggal

Pilihan warna cat mempengaruhi suasana dan karakter sebuah rumah tinggal. Karena itu harus dipikirkan dengan baik warna yang sesuai dengan kepribadian penghuni rumah dan fungsi ruang dalam rumah.

Pada lingkaran warna, terdapat jenis warna primer (merah, kuning, biru), warna sekunder (jingga, ungu, hijau), dan warna tersier yang merupakan perpaduan warna primer dan sekunder. Setiap warna memiliki karakter, warna yang termasuk kategori hangat yaitu warna merah, jingga, kuning, dan turunannya. Sedangkan warna biru, ungu, hijau, dan turunannya tergolong warna yang berkesan dingin.

Untuk memilih warna yang tepat perlu diketahui efek psikologis yang dapat dihasilkan oleh setiap warna, yaitu:

  • Merah: paling cepat ditangkap oleh mata, dapat membangkitkan semangat, meningkatkan aktifitas, berkesan panas, cocok untuk ruang kerja.
  • Jingga: berkesan ceria, dapat merangsang kreativitas, kegembiraan, dan menyebarkan energi positif, cocok untuk ruang keluarga dan ruang tamu.
  • Kuning: warna aktif yang memberi kesan menyenangkan, kebebasan berpikir, mendorong spontanitas, cocok untuk ruang bermain.
  • Hijau: berasosiasi dengan alam dan pertumbuhan, menghadirkan suasana sejuk, kesegaran, berkesan higienis, cocok untuk dapur dan ruang makan.
  • Biru: memberikan ketenangan,perasaan rileks, berkesan dingin, membantu konsentrasi, coc ok untuk kamar mandi.
  • Ungu: warna unik yang dapat berkesan hangat atau dingin tergantung dominasi warna merah atau biru, dapat menghadirkan kemewahan, suasana spiritual, cocok untuk ruang tidur.
  • Merah muda: berkesan lembut, feminim, manis, cocok untuk ruang tidur anak perempuan.
  • Cokelat: berkesan natural dan hangat, tidak mudah terlihat kotor, cocok untuk ruang duduk dan dapur

Masing-masing warna memiliki gradasi terang, gelap, dan pastel yang mempengaruhi suasana yang dihasilkan. Dalam memilih kombinasi warna cat , sebaiknya tidak lebih dari 2 warna kontras dalam satu ruang agar tidak menimbulkan kesan berat. Perpaduan warna yang berdekatan dalam lingkaran warna akan menciptakan suasana ruang yang harmonis. Begitu pula pemilihan warna monokromatik, yaitu satu warna dan gradasinya, akan memberi kesatuan tema dalam ruang. Satu hal yang perlu diingat, karena warna berinteraksi dengan mata pilihlah warna cat yang menyenangkan ketika dilihat juga serasi dengan warna furniture dan soft furnishing ruangan.